Program Kemitraan

PERAN AKTIF & PROGRAM KEMITRAAN
Pusat Data & Informasi PERSI mewujudkan segala pemikiran dan peran aktif selama ini, dengan tetap berpegang teguh pada misi sosialnya. Beberapa peran yang dilakukan antara lain:
  1. Terhadap Konsumen/Masyarakat
    Salah satu tujuan utama dari Pusat Data & Informasi PERSI adalah membangun jaringan kedekatan antara Rumah Sakit dan masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi serta pencarian informasi mengenai Rumah Sakit. Pusat Data & Informasi PERSI adalah layanan yang mengunakan internet suatu media yang sangat memasyarakat. Melalui Pusat Data & Informasi PERSI ini masyarakat luas dapat mengakses dan mengambil informasi seperti :
    • Segala informasi mengenai produk, layanan serta aktifitas Rumah Sakit didaerahnya bahkan di Indonesia.
    • Mengetahui dan melakukan pencarian semua nama Dokter beserta jadwalnya di Rumah Sakit.
    • Mendapat e-mail di internet secara gratis
    • Melakukan konsultasi kesehatan dengan pakar-pakar kesehatan
    • Akses informasi mengenai:
    • kesehatan, penyakit serta pencegahannya.
    • pengobatan alternatif
    • pusat-pusat informasi kesehatan.
    • berita seputar dunia kesehatan
    • Informasi peluang kerja pada dunia kesehatan.
  2. Terhadap Rumah Sakit
    Tujuan utama dibangun Pusat Data & Informasi PERSI adalah untuk membantu Rumah Sakit. Untuk Rumah Sakit yang sudah menjadi anggota Pusat Data ini, akan diberikan fasilitas gratis pada server di Pusat Data. Dengan pemberian ini beberapa fasilitas yang didapat untuk Rumah Sakit adalah :
    • Penayangan secara gratis mengenai segala informasi produk, layanan, dan aktifitas Rumah Sakit di internet.
    • Penayangan secara gratis mengenai semua nama, spesialisasi dan jadwal dokter yang dipunyai Rumah Sakit.
    • Pemberian secara gratis virtual address pada Pusat Data & Informasi PERSI, sehingga dapat digunakan Rumah Sakit untuk melakukan :
    • pelaporan RL secara online
    • surat menyurat termasuk surat edaran dari PERSI Pusat/Cabang
    • konsultasi kepada pakar-pakar perumahsakitan.
    • surplus material atau penawaran dan pertukaran stok obat/alkes
    • akses ke pusat-pusat informasi di dunia mengenai perumahsakitan
    • berita dan informasi seputar kehidupan perumahsakitan di Indonesia
    • akses dan pembelian bersama langsung secara online
    • akses informasi mengenai kemajuan peralatan di bidang medis
    • akses informasi seminar dan pelatihan yang dilakukan sesama Rumah Sakit
    • tips manajemen dan bisnis
  3. Terhadap Kelompok/Asosiasi Medik
    Kebutuhan Dokter atau pekerja medik akan informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat luas. Kebutuhan itu diperkecil pada tingkat kelompok-kelompok/asosiasi-asosiasi medik yang kita ketahui sangatlah banyak terdapat di negara kita.

    PERSI menyadari begitu pentingnya masyarakat kelompok ini untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan kehidupan dan ketahanan dunia kesehatan di Indonesia. Dan disatu pihak kelompok/asosiasi ini perlu diakui masih menyimpan banyak kendala dalam melakukan kegiatannya.

    Pusat Data & Informasi PERSI yang dibangun dengan misi dan penerapan teknologi seperti yang telah diterangkan diatas, juga bertujuan untuk dapat memberikan fasilitas gratis terhadap kehidupan kelompok/asosiasi medik ini sehingga fungsi intermediary itu memungkinkan kelompok/asosiasi medik dapat berkomunikasi, bertukar informasi dan melakukan kegiatan-kegiatan vertikal pada masyarakat yang lebih spesifik. Beberapa fasilitas yang dapat di berikan antara lain :

    • pemberian secara gratis ruang memori pada server Pusat Data agar dapat diisi mengenai semua informasi, profil dan layanan kelompok/asosiasi medik tertentu.
    • pembangunan pusat data dan pusat komunikasi dalam lingkup yang lebih kecil dan spesifik
    • pembangunan komunitas pengguna (virtual private network) dalam skala yang lebih vertikal dengan segala kegiatan dan kebutuhan yang bersesuaian
    • pemeliharaan secara gratis terhadap data, penambahan informasi terkini dll.
  4. Terhadap Dokter
    Dokter merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia perumahsakitan dan kesehatan. Disatu pihak kebutuhan Dokter akan informasi mengenai dunia Rumah Sakit dan kesehatan adalah hal yang tidak dapat dipungkiri sebagai kebutuhan yang penting pula. Pemikiran Pusat Data & Informasi PERSI untuk kebutuhan Dokter akan informasi diwujudkan dalam fasilitas yang diberikan secara gratis berupa :
    • berita mengenai dunia kesehatan yang ada di negara ini.
    • berita dan akses informasi pada pusat data yang ada di mancanegara
    • pemberian e-mail gratis di internet
  5. Terhadap Penyelenggara Asuransi Kesehatan
    Asuransi kesehatan sebenarnya mengalami banyak tekanan dalam memberikan pelayanan yang lebih murah dan efektif kepada para pengguna. Apalagi setelah dampak ekonomi yang begitu berat dirasakan semua pihak. Disatu pihak dunia usaha ini menghadapi kompetisi yang sangat besar dan ketat, sehingga pihak asuransi dituntut untuk dapat memberikan nilai lebih terhadap produk dan jasa layanannya terhadap pengguna. Selain itu, asuransi juga harus menciptakan nuansa keuntungan dua arah antara pihak asuransi dan pihak penyelenggara kesehatannya dalam hal ini Rumah Sakit.

    Perlu diakui sekali lagi, bahwa kehidupan asuransi di Indonesia masih banyak menghadapi kendala dalam menangani informasi dan administrasi. Ketergantungan pada kertas, sering terjadinya duplikasi pekerjaan, susahnya untuk menghadirkan informasi terkini mengenai seorang nasabah, dukungan sistem yang lemah, yang semuanya itu mengakibatkan ketidak-efisiensian, pemborosan, permasalahan pemeliharaan informasi serta penundaan.

    Asuransi memerlukan cara yang lebih baik dalam memenuhi dan mendapatkan dukungan atas kebutuhan otomatisasi, pemeliharaan dan penyederhaan terhadap informasi yang berkenaan dengan penggunanya serta mitra penyelenggara kesehatannya, antara lain:

    • penghadiran informasi tentang hak dan kewajiban pengguna di tempat penyelenggara.
    • pencarian fasilitas yang dapat diberikan terhadap pengguna tertentu
    • proses pendaftaran
    • proses klaim dan penggantian.
 
Peran dan pemikiran Pusat Data & Informasi PERSI dalam menjawab segala kendala ini juga merupakan jawaban atas segala kendala yang dialami oleh Rumah Sakit. Program yang ditawarkan terhadap penyelenggara asuransi oleh Pusat Data & Informasi PERSI ini berupa pembangunan suatu sistem kliring ( Clearing House ) yang akan berfungsi sebagai pusat data dan pusat komunikasi yang memungkinkan semua komponen dalam industri asuransi ini bergabung menjadi satu. Sistem itu memungkinkan pula antara member/pengguna, karyawan, dan asuransi dapat saling berhubungan untuk melakukan kegiatan administrasi, kegiatan transaksi klinik dan pertukaran informasi.
Sehingga beberapa keuntungan yang didapat adalah:
  • mengurangi biaya administrasi dan lainnya
  • meningkatkan tingkat pelayanan terhadap member/pengguna.
  • jawaban terhadap kendala waktu.
    6.  Terhadap Pemasok/Pabrik Obat
Salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya dalam dunia perumahsakitan dan kesehatan adalah peran pabrik obat. Pemaksimalan penetrasi kepada pasar yang vertikal dan tajam serta merebut pangsa pasar merupakan tujuan utama semua pabrik obat.

Peran aktif Pusat Data & Informasi PERSI dalam hal ini adalah mengintegrasikan informasi sehingga antara pemasok dan pasarnya dapat melakukan komunikasi dengan efisien dan efektif karena berbagai keuntungan. Oleh karena itu, salah satu fasilitas yang ditawarkan kepada pabrik obat adalah suatu jalur online yang memungkinkan dapat diselenggarakannnya pembelian secara online, pertukaran informasi secara online, akses yang cepat terhadap informasi obat dan produk obat baru lainnya.

Kemitraan yang ditawarkan antara lain seperti:

    • penayangan mengenai segala produk dan produk baru pabrik obat
    • penyelenggaraan pembelian secara online
    • pemberian virtual address pada pusat data yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi pada industri yang vertikal ini.
    • Managed application provider yang dapat digunakan sebagai alat pusat data dan pusat komunikasi pabrik obat dalam melakukan segala kegiatan usahanya.

Keuntungan yang didapat antara lain :

  • Meningkatkan tingkat layanan terhadap pengguna
  • Manajemen infomasi dan pesanan yang lebih akurat dan cepat
  • Mengurangi waktu tunggu pelanggan
  • Promosi pemasaran yang tepat pada lingkungan masyarakat yang sangat vertikal.
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account